CONTOH PROPOSAL LENGKAP BAIK DAN BENAR

PROPOSAL USAHA KEDISTRIBUTORAN
PROPOSAL USAHA SERVER PULSA
PROPOSAL UNTUK DI SUNTING
PROPOSAL KERANGKA LENGKAP
CARI SERVER PULSA TERMURAH
MAKALAH KEWIRAUSAHAAN
PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAAN


PROPOSAL PERMOHONAN PERMODALAN USAHA


Kata Pengantar



Puji Syukur kami panjatkan kepada Allah SWT, Alhamdulilah kami telah selesai menyusun Proposal dan berbagai kelengkapan data yang menjadi konsepan kami dalam berwirausaha yang telah berjalan sebelum proposal permohonan Pinjaman Permodalan ini diberikan.


Seiring berjalannya waktu kami dalam proses pembelajara. Merasa dituntut untuk dan ingin dapat memahami serta merealisasikan bentuk pembelajaran yang  kami dapatkan, dalam kehidupan sehari hari. Dalam Hal ini tidak menutup kemungkinan mendekati Kepada Prakarya dan Kewirausahaan. Optimisme kami meraih semua ini, karena kami telah melaksanakan kegiatan wirausaha secara perlahan dengan pasti.


Dengan bukti kami berani mengajukan proposal ini meskipun sudah jelas banyak kekurangannya. Namun lebih dari itu kiranya investor dalam artian khusus adalah Guru Kewirausaan untuk bisa menanggapi hal ini. Hal utama memperoleh keuntungan bersama. Disamping tujuan utamanya adalah memberikan pemahaman dan wawasan mendalam bagi kami beserta Mitra dari rekan siswa dan masyarakat umum  lainnya, mengenai produk dan  layanan yang akan kami lanjutkan perkembangannya.








Yang Mengajukan Permohonan

 SANDI ISKANDAR                                     DEVI SUNARYA



Daftar isi

Kata Pengantar 1
Daftar isi 2
BAB I 3
PENDAHULUAN 3
1. Latar Belakang 3
Prospek Usaha 3
Sumber Daya Manusia (SDM) 3
BAB II 4
IDENTITAS PERUSAHAAN 4
Identitas Pemilik 4
Susunan Pengurus 4
BAB III 4
ASPEK PEMASARAN 4
1. Penelitian dan Analisis 4
2. Target Pemasaran 5
3. Pesaing 5
4. Saluran Distribusi 5
PENENTUAN LEVEL MITRA 5
PENEJELASAN SISTEM LEVEL/SELISIH 5
KETENTUAN UMUM PENENTUAN LEVEL 5
BAB IV 6
RINCIAN KEUANGAN 6
Kebutuhan Membeli dan Menyediakan Alat 6
Biaya Belanja Tiap Bulan 6
Gaji Karyawan 6
Penyusutan 6
Angsuran 6
Biaya Lain-lain 6
Pengeluaran 7
Pengeluaran tetap 7
Pengeluaran rutin 7
Over Head 7
NERACA KEUANGAN 7
Pengeluaran 7
Modal 7
Rencana Pendapatan Tiap Bulan 7
Realisasi Pendapatan Tiap Bulan 7
Laba Bersih 7
BEP (Break Event Point) 7
BAB V 8
PENUTUP 8


PROPOSAL PERMOHONAN PINJAMAN PERMODALAN USAHA
BAB I
PENDAHULUAN
1. Latar Belakang
Semakin berkembangnya zaman dan teknologi menyongsong kegiatan pasar bebas, maka kita dituntut harus dapat mengimbangi dengan kemampuan/skill agar kita mampu memanfaatkan peluang usaha terampil dan profesional. Namun pada kenyataannya banyak sekali masyarakat menganggur karena kurangnya keterampilan dalam menangkap peluang usaha yang ada. Kemudian tidak jarang kita temui perusahaan/ industri yang melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap karyawan-karyawan sehingga menimbulkan banyak pengangguran.Dengan meningkatnya kemajuan dan perkembangan alat komunikasi diantaranya handphone (HP), Komputer dan alat teknologi kebutuhan sehari-hari. yang sudah cukup luas dan menyebar dalam masyarakat. Oleh karena itu kami akan mendirikan usaha. Usaha yang akan kami laukan berupa pelayanan penyedia Multi Chip dan PPOB. Yang mana semua itu salah satu syarat untuk berkomunikasi dan lain-lain pulsa diperlukan untuk Hand Phone(HP), begitu juga komputer membutuhkan koneksi internet serta perlengkapan alat teknologi sehari-hjari.Untuk itu kami menyusun proposal ini guna menyusun rencana daalam menanangkap peluang usaha yang ada. Serta Mempelajari Dan Melaksanakan Konsepan Nyata kami Dalam Berwirausah, Sebagai acuan Penilain Dalam Pelajaran Kewiirausahaan disamping tujuan utamanya adalah merauk keuntungan.

2. Tujuan Perusahaan
Secara garis besar tujuan usaha kami adalah
a) Menciptakan lapangan kerja.
b) Memberi pelayanan pada masyarakat.
c) Memajukan kehidupan masyarakat.
d) Memberikan wawasan kepada peminat usaha sejenis yang saya konsep.
e) Memperaktikan langsung konsep berwirausaha.
Prospek Usaha
Dengan meningkatnya perkembangan alat teknologi modern seperti Hand Phone, komputer, dan peralatan serba elektrik yang penggunaannya menggunakan token/prabayar maupun pascabayar yang luas dan menyebar dalam masyarakat. Dan kami sebagai penyedia layanan Jasa Multi Chip, PPOB akan berusaha mendapat/ menghasilkan keuntungan yang besar dari konsumen. Serta Wirausaha kami tidak akan begitu saja, akan kami kembangkan dengan menyediakan produk terbaru bukan hanya jasa, dan kami akan bertindak sebagai Penyalur serta penjual langsung.

Sumber Daya Manusia (SDM)

Sumber Daya Menusia (SDM) adalah SMA sederajat yang mmpu mengelola usaha ini dengan baik dan berkepribadian baik serta terampil. Sesuai dengan Kemampuan dan ilmu serta pengalaman yang kami gali dari Sekolah dan lingkungan sekitar beserta media yang kami kuasai.






BAB II
 IDENTITAS PERUSAHAAN
Identitas Pemilik
Nama : Sandi Iskandar
T/T/L : Sukabumi, 30 Desember 1994
Alamat : JL. Selaawi Km. 07 Kebonpedes Sukabumi
Telp. / Hp : +6285724393979
Jenis Kelamin : Laki-Laki
Pendidikan : Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Multimedia
Identitas Perusahaan
Nama : CHIP SAKTI
Alamat : JL. Selaawi Km. 07 Kebonpedes Sukabumi( dalam rintisan ini usah disebut mobile/distributor bergerak)
Telp. : -
Bentuk Usaha : Retailer serkaligus Dealer Multi Chip DAN PPOB
Berdiri : 1 Januari 2012
Susunan Pengurus
Pimpinan : Sandi Iskandar  SMK N 1 SUKALARANG Multimedia.
Staff : Devi Sunarya SMK NEGERI I SUKALARANG Multimedia.
  Indra Kusumah SMK PGRI I KOTA SUKABUMI Akuntansi.
Relasi : M.A.A Hidayat, Ujang Hadi, Taufik Hidayat, Dani Iskandar, M.Zulfikar,
  Ali Fathurohman, Raty R.S.S, Rosita, Indra Kusumah, Devi Sunarya.
BAB III

ASPEK PEMASARAN
1. Penelitian dan Analisis
Setelah diadakan survei dapat kami simpulkan bahwa kebutuhan pulsa dan lainnya sebagai salah satu kebutuhan mendasar masyarakat sekitar lingkungan kami (segenap lapisan masyarakat) dan juga teman – teman baik di sekolah maupun di rumah cukup besar. Sehingga kami mengambil kesimpulan dari hal itu semua, usaha yangakan kami jalankan memiliki kesempatan untuk kami berwirausaha dan memiliki keuntungan yang besar dari usaha yang kami jalani.Strategi Pemasaran
Cara promosi usaha yang kami lakukan disamping bergerak sendiri adalah dibantu relasi kami, menggunakan brosur sebagi media penyampaian.
Cara menarik pelanggan dan mitra dengan memberi harga khusus.Sistem pembayaran langsung, yakni konsumen membeli pulsa langsung membayar.
Sistem pembayaran tidak langsung, yakni konsumen membeli pulsa dengan cara memesan dulu, baik memesan langsung ke kami maupun dengan cara sms dan pembayarannya sesuai kesepakatan kami dengan pembeli yang sudah menjadi member tetap.
Memberi pelayanan prima agar konsumen merasa puas. Berusaha tidak jual putus
Sistem colecting kami lakukan untuk pelayanan PPOB.
Kemungkinan besar akan melibatkan seluruh Orang yang ada dilingkungan sekolah, khususnya siswa dan siswi. Yang akan Menjadi target konsumen dan mitra yang terikat.
Sebagai sistem yang mengembangkan Jaringan/relasi, maka disebut pula Mobile Chip. Tidak akan berjualan statis di satu tempat. Tapi bergerak kapanpun serta dimanapun bisa bertransaksi tanpa batasan.

2. Target Pemasaran
Layanan penyedia jasa yang kami lakukan langsung ditujukan kepada konsumen yang membutuhkan. Konsumen-konsumen itu kami targetkan adalah mayarakat sekitar lingkungan kami (tetangga-tetangga) dan juga teman-teman baik di rumah maupun di sekolah serta lingkungan para Pekerja Pabrik, yang selanjutnya bisa kami rekrut pula menjadi mitra. Sehingga kemungkinan besar hal ini sangat berpotensial sekali.
3. Pesaing
Pada saat ini pesaing dalam layanan penyedia jasa Retailler dan Dealer Multi Chip, PPOB memang cukup ketat. Diantaranya konter-konter yang sudah banyak di sekeliling kita yang bekerjasama dengan BPR maupun BANK lainnya.dan juga temen-temen kami yang juga melakukan usaha yang sama dengan kami. Tetapi kami yakin usaha yang kami jalani dapat terus berjalan dengan baik dan maju, dengan cara usaha yang tekun dan sungguh-sungguh serta pelayanan prima yang kami lakukan, tidak akan kalah dalam persaingan dengan usaha-usaha yang orang lain lakukan.
4. Saluran Distribusi
Kami membuka kesempatan secara lebar bagi yang ingin bermitra dengan kami untuk mendapatkan harga distributor sesuai kemampuan anda deposit, Selanjutnya Syarat dan Ketentuan untuk berada di posisi ini harus di penuhi. Dan membuka kesempatan kepada yang yang bergabung menjadi Mitra Usaha, untuk mendapatkan Harga Produk murah. Disamping Retailler Juga Bisa mengembangkan jaringan dibawahnya, menentukan harga dan ketentuan tambahan selain dari panduan kami. Dan bertanggung jawab penuh atas Panduan bagi Jaringan yang dibentuknya. Tentunya dalam pengawasan kami pula.
PENENTUAN LEVEL MITRA

PENEJELASAN SISTEM LEVEL/SELISIH

Mitra kami yang terdaftar Di Jaringan Chip Sakti

Mereka bebas memberi atau menentukan menentukan harga kepada orang yang nereka daftarkan. Tanpa pemilik chip tau harga produk yang mereka dafatkan dari pusat.Karena sistemnya memang dirancang seperti demikian untuk karir mereka dan bawahan mereka sekalipun
Keuntungan dari selisih tersebut adalah saldo yang akan masuk sebagai komisi kepada nereka/Chip mereka dari setiap transaksi yang dilakukan bawahan yang mereka daftarkan.


KETENTUAN UMUM PENENTUAN LEVEL

Apabila kurang cocok mereka dipersilahkan sesuaikan penentuan dengan mekanisme mereka sendiri, Namun yang jelas mereka harus memberikan pelayanan yang terbaik dengan cara apapun kepada mitra dan relasi mereka selanjutnya.

Beri level 1 untuk mitra yang deposit saldo awalnya minimal 1 juta rupiah.

Beri level 2 untuk mitra yang deposit saldo awalnya minimal 700 ribu rupiah.

Beri level 3 untuk mitra yang deposit saldo awalnya minimal 500 ribu rupiah.

Beri level 4 untuk mitra yang deposit saldo awalnya minimal 25 ribu rupiah.

Kemudian kami mempersilahkan para mitra tersebut untuk mengembangkan jaringan mereka dengan panduan yang kami fasilitasi dan bebas untuk ,ereka perbaharui sesuai keinginan mereka.

BAB IV

RINCIAN KEUANGAN
Kebutuhan Membeli dan Menyediakan Alat
1. Hand Phone (HP).
2. Kartu Perdana.
3. Email.
4. Blog.
5. Selebaran.
6. Panduan Lengkap.
7. Kertas Kerja
Dan kelengkapan lainnya yang sudah tersedia, suadah dipakai sejak Usaha didirikan
Biaya Belanja Tiap Bulan
1. Saldo Rp. 2.000.000.-
tanpa memerlukan biaya tambahan, karena kami belanja saldo melaui Fasilitas Bank
Gaji Karyawan
1. Pimpinan
2. Karyawan
Menggunakan sistem musyawarah atau bagi hasil setelah bagi hasil dengan penberi pinjaman modal. Serta mengandalkan pula persentasi dalam perekrutan Para Mitra.
Penyusutan
1. Penyusutan alat 10% Rp. 20.000.-
Angsuran
1. Pinjaman Dari Bank Rp. 500.000,-
2. Bunga 15 % Rp. 75000,- +Jumlah Rp. 500.000,-
1. Angsuran tiap hari Rp. 15.000.-
2. Lama Pinjaman Rp. 500.000.- / : Rp. 15.000.- = 40 Hari
Biaya Lain-lain
1. SMS pokok Rp. 5250,- untuk 333 kali sms,
2. SMS layanan pelanggan serta mitra jika memang diperlukan
3. Tranportasi diminimalisir
Tidak ada alokasi dana transport dan waktu untuk mengembangkan jaringan karena seiring berjalannya kegiatn sekolah sehari-hari kami menyempatkan diri ke Bank, menggunakan fasilitas transfer untuk kebutuhan stok saldo dan mencari mitra-mitra lainnya di sela-sela rutinitas sehari-hari dan aktifitas lainnya.

Pengeluaran
Pengeluaran tetap
1. Pembelian alat
Pengeluaran rutin
1. Pembelian bahan? Stok Rp. 2.000.000,-  2. Penyusutan Rp. 20.000,-  4. Biaya lain-lain Rp. 45.000,- +Jumlah Rp. 2.065.000,-
Over Head
1. BOP 20% X Rp. 2.065.000,- = Rp. 413.000,-
NERACA KEUANGAN
Pengeluaran
Pengeluaran rutin Rp. 2.065.000,-  Biaya Over Head Rp. 413.000,- +Jumlah Rp. 2.478.000,-
Modal
1. Modal sendiri Rp. 1.978.000,-
2. Modal pinjaman Rp.500.000,- +Jumlah Rp. 2.478.000,-
Rencana Pendapatan Tiap Bulan
1.(satu) kali transaksi Rp. 5.000,-  1 (satu) hari transaksi 20 kali transaksi  Pendapatan perhari Rp. 5.000,- + (20 % X Rp. 5.000,-) X 20= Rp. 6.000,- X 20= Rp. 120.000,-
2.Pendapatan perbulan Rp. 120.000,- X 30 (hari)= Rp. 3.600.000,-
Realisasi Pendapatan Tiap Bulan
1.Pendapatan perhari Rp. 6.000,- X 20 (transaksi) = Rp. 120.000,- 2.Pendapatan perbulan Rp. 120.000,- X 30 (hari) = Rp. 3.600.000,-
Laba Bersih
1.Pendapatan – Pengeluaran = Laba Bersih  Rp. 3.600.000,- – Rp. 2.065.000,- = Rp.1.535.000,-
BEP (Break Event Point)
1.  Jumlah Modal : Laba Akhir = BEP  Rp. 3.600.000,- : Rp. 1.535.000,- = 2,34  BEP = 2,34 bulan = 3 bulan (dibulatkan)
 Rencana Pendapatan Kemitraan
Level 1 = Rp 25,- Level 2 = Rp 50,- Level 3 = Rp 75,- Level 4 = Rp 100,- Level Maksi,al hingga  48 Level
Mitra = 100 0rang , Transaksi / Hari 10, Level 4 = Rp 100, Sub Mitra 2
Keuntungan Dari Mitra = Rumus (Mitra X Trx X Level) 100X10X100 = Rp 100.000/Hari
Keuntungan Dari Sub Mitra = (Mitra X Sub Mitra X Trx X Level) 100 X2X10X100= Rp 200.000/Hari
Keuntungan Keseluruhan  Per Hari (Mitra=Sub Mitra) Rp 300.000/Hari
PROPOSAL PERMOHONAN PINJAMAN PERMODALAN USAHA

BAB V
 PENUTUP

Dengan memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, maka terselesaikanlah proposal ini. Kami berharap semoga usaha yang kami jalankan dapat berkembang, untuk itu kami membutuhkan bantuan dari investor terutama guru KWU yang kami maksudkan disini.Kami yakin dengan rencana ini usaha yang akan kami lakukan mampu memperoleh keuntungan besar. Karena berpotensi untuk kami bisa merekrut Mitra dari sesama rekan siswa baik yang sudah terjun dibidang ini maupun tidak. Dan selanjutnya Usaha ini tidak akan mengembangkan Produk yang sudah tersedia, Nmun dapat mengembangkan Produk dan layanan lainnya sesuai Permintaan Dan penawaran serta perkembangn pasar.

Kemudian tidak sebatas berjualan tetapi setelah mensuksesken jaringan ini. Tidak menutup kemungkinan kita bisa dengan mudah mencari sponsor-sponsor untuk sebuah kegiatan yang bisa mendukung. Yang  sesuai dengan Produk dan Layanan yang kita sediakan untuk sekarang dan selanjutnya.

Atas perhatian dan realisasinya sangat kami nantikan. Sekian Dan Terimaksih.
Wassalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh.



Yang Mengajukan Permohonan


SANDI ISKANDAR                                     DEVI SUNARYA



MUDAH-MUDAHAN BERMANFAAT BAGI ANDA YANG SEKARANG BERKUNJUNG

Comments

Popular posts from this blog

DAFTAR HARGA SEWA BUS HIBA UTAMA & ARMADA LAINNYA

INFO HARGA LENGKAP SEWA BUS HIBA UTAMA & ARMADA LAINNYA

Infosewabishibautama